Belajar HTML dan CSS part II - Basic HTML


Halo teman-teman, sudah lama rasanya tidak berjumpa dengan teman-teman semua. Di sore yang lumayan dingin ini (karena kota saya di Salatiga :p ) saya akan berbagi informasi dengan teman-teman semua, yaitu bagian kedua dari tutorial belajar Web Design yang dulu saya promosikan. Pada post bagian pertama seingat saya, berisi tentang apa saja sih yang perlu dipersiapkan untuk belajar web design. Gimana? udah pada cari informasi yang saya berikan waktu itu belum? Udah? pinter... :3

Oke, daripada nggak jelas gini langsung aja kita masuk ke pokok pembahasan kita kali ini. Jadi, sebuah halaman web memiliki tiga komponen utama (Halaman web yang dijelaskan di sini adalah halaman web HTML 4), yaitu kode HTML, kode CSS, dan kode jquery. Pada postingan kali ini, kita akan fokus pada dasar kode HTML terlebih dahulu. Kode HTML adalah kode yang digunakan lebih kepada untuk membuat content dari sebuah halaman web. Walaupun kode HTML memiliki fitur yang dimiliki oleh CSS seperti penulisan font color, dan sebagainya, saya tidak menyarankan teman-teman untuk memakai fitur styling HTML. hal ini dimaksudkan untuk memperjelas batas-batas kegunaan dari masing-masing kode. selain itu, penggunaan kode tambahan seperti itu akan membuat kita menjadi binging nantinya apabila halaman web yang kita design sudah kaya content. Pada dasarnya, Kode HTML memiliki struktur seperti berikut ini:

Elemen Dasar:
<html>
<head>
<tittle> </tittle>
</head>

<body>

<!-- Kode Utama di sini -->
</body>
</html>

Nah, itu adalah elemen dasar dari kode HTML. saya yakin teman-teman sudah familiar dengan struktur tersebut, karena kode tersebut adalah kode yang umum dijumpai baik secara sengaja ataupun tidak sengaja. Tetapi, apakah teman-teman sudah mengetahui apa kegunaan setiap tag pada kode tersebut? Nah di sini saya akan berusaha menjelaskan dengan seluruh kemampuan terbatas saya, jadi maaf kalo ada yang salah, hehe

<html></html>
di dalam tag ini terdapat semua kode HTML yang dituliskan. Jadi, tag ini lebih digunakan sebagai tag pembuka/inisiator dari kode HTML. Dalam arti lain, tag ini digunakan untuk memberi tahu browser bahwa kode yang berada di dalamnya adalah kode HTML. Hal ini penting agar proses penerjemahan menjadi informasi dapat berjalan dengan baik.

<head></head>
Tag ini lebih cenderung digunakan untuk pemanggilan file CSS yang terpisah dari kode HTML, pembuatan kode CSS pada kode HTML, pemanggilan file jquery yang terpisah dari kode HTML, pembuatan kode jquery pada kode HTML, sampai dengan pemberian meta, baik tittle, description, keyword, dan lain-lain pada halaman web kita.
Tidak lupa, di dalam tag ini juga digunakan untuk memberi judul halaman web yang sedang kita buat, yaitu di dalam tag <tittle></tittle>

<body></body>
Di dalam tag ini berisikan semua kode HTML yang kita buat. Jadi apabila kita ingin menambahkan konten dalam halaman web yang kita buat yang terdiri dari judul, isi content, gambar, dan lain-lain maka kode - kode yang diketikkan harus berada di dalam tag <body></body>.

Jadi begitu penjelasan singkat saya kali ini. Saya berharap teman-teman sedikit terbantu dalam hal pemahaman maupun yang lainnya melalui postingan saya. Cukup sekian, dan maaf kalau ada beberapa bagian yang teman-teman tidak sependapat dengan saya. Terima kasih sudah membaca sampai akhir, nantikan postingan saya selanjutnya, hehe

Unknown

Some say he’s half man half fish, others say he’s more of a seventy/thirty split. Either way he’s a fishy bastard.

1 comment: