Langkah Awal Belajar HTML dan CSS


Haloo teman-teman, percaya atau tidak ini adalah pos pertama saya sejak 2 bulan terakhir, waaauw, sesuatu sekali ya :3
*hahaha, alay sedikit ditoleransi lah yaa :3
Jika akhir-akhir ini saya lebih sering mengepost tentang review film korea, maka jangan harap kali ini saya akan mengepost review film lagi #muahaha
seperti yang teman-teman lihat di judul, kali ini saya akan membahas tentang apa sih langkah awal yang harus saya lakukan jika ingin belajar tentang HTML dan CSS. kalau teman-teman masih buta dan sama sekali tidak tahu tentang apa itu HTML dan CSS tetapi sangat ingin mempelajarinya, maka di sinilah tempat yang paling tepat karena kita (saya dan anda) akan belajar bersama HTML dan CSS karena saya pernah membaca sebuah quotes "TOGETHER WE CAN!!".

jadi pada awalnya saya akan memberi ceramah 1/10 sks dulu ya untuk deskripsi tentang apa itu HTML beserta CSS *CMIIW karena saya juga masih belajar :3
Secara sadar maupun tidak sadar, setiap kali kita browsing ke halaman web sebuah situs, kita pasti bertemu dengan kode-kode yang sudah diterjemahkan ke dalam bahasa kita agar lebih mudah dimengerti. nah, kode-kode yang sampai ke komputer kita yang membawa informasi yang kita cari itulah yang bernama HTML, yang merupakan singkatan dari Hypertext Markup Language. yap, jadi HTML itu adalah bahasa yang digunakan untuk membuat sebuah halaman web. Awalnya HTML ditemukan oleh seorang ilmuwan CERN yang  bernama Tim Berners Lee dengan Caillau TIM. teman-teman pasti tidak asing tentang Tim Berners Lee, karena dialah orang yang juga menemukan WWW (World Wide Web). saat ini HTML adalah standar internet yang didefinisikan dan diatur kegunaannya oleh World Wide Web Consortium.
sedangkan CSS adalah kode yang digunakan nantinya untuk menghias halaman web yang memuat informasi dalam kode HTML yang sudah saya jelaskan sebelumnya tadi. HTML+CSS merupakan sebuah perpaduan yang sangat powerfull untuk membuat kita menjadi terkenal dalam sekejap apabila kita mahir dalam menggunakannya dan mengeksplor kreativitas kita.

Itulah kuliah 1/10 sks saya, belum pada ngantuk kan? Belum? Bagus! Itu baru namanya semangat :3
karena kita masih pemula dan ingin memahami basic concept dari HTML dan CSS, saya sarankan agar jangan langsung belajar ke HTML5 dan CSS3 karena ada sangat banyak perbedaan khususnya CSS3 untuk seorang pemula, bukan, bahkan di bawah pemula seperti kita :3
oke, kita langsung ke pokok permasalahan, apa sih yang sebaiknya kita persiapkan untuk bertempur mempelajari HTML+CSS? Ini jawabannya:

1. Materi Pengetahuan

Yap, materi hal yang sangat penting dalam langkah awal kita dalam belajar HTML+CSS. ada sangat banyak situs di Internet yang menyediakan materi untuk belajar HTML. Ini adalah beberapa situs yang saya jadikan acuan untuk membuat belajar:

  • Mozilla Developer Network : situs ini adalah situs buatan Mozilla yang dikhususkan untuk kalangan yang ingin belajar HTML dan pastinya GRATIS. teman-teman bisa belajar dari situs ini sebagai langkah awal.
  • W3Schools : situs ini menyediakan materi yang sangat sangat lengkap untuk belajar HTML dari NOL. situs ini menyediakan materi dari basic HTML hingga HTML tingkat lanjut -> HTML5 pastinya GRATIS juga.
bingung karena bahasa inggris semua? jangan menyerah teman-teman, baca aja terus, nanti juga bisa menyesuaikan. Yang terpenting cari point utamanya aja, nggak harus dimengerti setiap katanya.

2. Software Perang
software ini sangat penting saat kita belajar atau pun sudah dalam tahap design. ada baiknya saat kita mambaca materi langsung dipraktekkan agar tahu apa sebenarnya kegunaan tag yang kita pelajari. ada sangat banyak software HTML dan CSS editor yang ada di internet. Saran saya adalah:
  • Sublime Text : HTML editor ini memiliki layout yang unik dan colorfull, jadi teman-teman tidak akan cepat merasa capek karena latar belakan gelap dan memiliki banyak warna pada setiap tag yang berbeda. Sekedar informasi, warna latar belakang juga dapat diganti warnanya.
  • NotePad++ : software ini dapat digunakan tidak hanya untuk mengedit HTML, tetapi juga banyak bahasa lainnya sehingga saoftware ini sangat efektif dan efisien.
3. Software Interpreter
Eiits, jangan mindwer dulu, yang dimaksud dengan software interpreter di sini adalah web browser. kalo teman-teman sudah bisa membaca tulisan saya ini di internet, nah, software yang teman-teman gunakan itulah yang disebut web browser. software ini berguna untuk menampilkan kode yang telah kita ketik sebelumnya agar terlihat keluaran yang dihasilkan.

Saya kita cukup sekian untuk kali ini, tangan saya sudah pegal bung. Selanjutnya project saya akan memperkenalkan tag-tag HTML dan CSS kepada teman-teman. Jadi, tunggu saya ya :D
terima kasih...

Unknown

Some say he’s half man half fish, others say he’s more of a seventy/thirty split. Either way he’s a fishy bastard.

9 comments:

  1. bang...saya masih pemula banget..pemula di bawah nol...tolong ajarin bang,,,

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya juga masih pemula bang, santai saja :D

      Delete
  2. worth knowledge bingit :p berguna banget buat saya yang masih newbie om. Thanks

    ReplyDelete
  3. kunjungi juga smart-ceinada.blogspot.co.id
    thanks om info nya

    ReplyDelete
  4. bahasa yang santai, jadi gak terkesan killer gurunya...
    makasi infonya membantu bgt,,,,

    ReplyDelete